Top
8 tips cerdas memilih smartphone bekas

8 Tips Cerdas Membeli Smartphone Bekas

Membeli smartphone baru memang lebih terjamin keamanannya, akan tetapi harga yang masih lumayan tinggi kadang membuat sebagian orang lebih memilih membeli hp bekas untuk menghemat pengeluaran.

 

Nah, jika sobat adalah salah satunya maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli smartphone bekas/second. Apa aja? yuk simak tips-tipsnya berikut ini:

 


1. Cek Kelengkapan


Kelengkapan Smartphone

Sumber Gambar: idponsel.com

 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa kelengkapan smartphone. Maksudnya alangkah lebih baik teman-teman memilih smartphone yang masih memiliki boks, charger, earphone, kartu garansi, buku manual dan aksesori lainnya. Selain memberikan kepuasan tersendiri, teman-teman juga tidak perlu repot membeli aksesori untuk melengkapi kekurangannya.

 

Selanjutnya pastikan serial number smartphone dengan serial number yang tertera pada boksnya sama. Hal ini untuk memastikan boks tersebut adalah boks asli dari smartphone yang akan dibeli. Ponsel bekas dengan kelengkapan orisinil tentu akan lebih memuaskan bukan?

 


2. Kondisi Fisik Smartphone


Bodi Smartphone

Sumber Gambar: bgr.com

 

Memeriksa kondisi fisik smartphone bisa dilakukan siapa saja, yang terpenting harus teliti dan cermat. Nah apabila ada lecet/goresan pada penutup bodinya masih bisa diganti.

 

Akan tetapi apabila smartphone yang akan dibeli mengusung konsep desain unibodi, iPhone  6 misalnya, jangan kompromi dengan lecet. Pasalnya biaya untuk mengganti bodi tersebut sangat mahal mencapai Rp 500 ribu.

 

Jangan lupa juga untuk memastikan tombol-tombol pada smartphone yang akan dibeli masih berfungsi dengan baik.

 


3. Kondisi Layar


dead pixels

Sumber Gambar: DroidLime

 

Hampir semua smartphone menggunakan layar sentuh dan tidak jarang di sektor ini mengalami lecet kendati sudah dilapisi Corning Gorilla Glass. Karenanya, pastikan layar ponsel yang akan dipinang masih mulus.

 

Tahap selanjutnya, pastikan layar smartphone tersebut tidak menderita dead pixels. Caranya sangat mudah, cukup memaksimalkan brightness kemudian buka gambar berwarna polos seperti hitam, putih, merah, biru, hijau dan kuning. Nah jika nampak titik dengan warna berbeda, bisa dipastikan pixel dititik tersebut sudah tidak berfungsi.

 

Terakhir, pastikan responsivitas layar menerima sentuhan masih normal. Aplikasi seperti MultiTouh Test atau MultiTouch Tester barangkali bisa membantu teman-teman.

 


4. Kondisi Speaker, Port dan Slot yang tersedia.


Setiap ponsel memiliki dua speaker yang berfungsi untuk mendengarkan musik serta menerima telepon. Pastikan keduanya dapat mengeluarkan suara dengan jelas/jernih.

 

Fungsi port dan slot pun penting diperhatikan. Periksa satu persatu mulai dari jack audio, port charger, slot microSD maupun slot kartu SIM.

 


 5. Kondisi Kamera


kamera - tips membeli hp bekas

Sumber Gambar: DroidLime

 

Kamera merupakan salah satu fitur smartphone yang kerap digunakan, untuk itu fungsi kamera juga perlu diteliti. Selain memeriksanya dengan memotret dan melihat hasil bidikannya, teman-teman juga harus memastikan kameranya masih menghasilkan warna yang normal.

 

Caranya dengan mengambil gambar objek berwarna hitam pekat atau juga bisa menutup kameranya dengan tangan. Kamera yang normal seharusnya menampilkan gambar sesuai keadaannya, hitam pekat. Namun jika gambar yang dihasilkannya malah berwarna ungu atau lainnya, duh jangan dibeli ya :).

 


6. Kondisi Baterai


kesehatan baterai - tips membeli hp second

Sumber Gambar: Engadget.com

 

Ada banyak alasan mengapa seseorang menjual smartphone, peforma baterai yang sudah tidak prima lagi merupakan salah satu sebabnya. Memeriksa baterai dapat dilakukan dengan melakukan pengisian daya. Sedangkan untuk melihat kondisi baterai dan memastikan baterai tidak bocor, silahkan buka aplikasi telepon dan ketikkan *#*#4636#*#*,  selanjutnya pilih info baterai.

 


7. Test Konektivitas


Beberapa konektivitas yang wajib diperiksa adalah Wi-Fi, Bluetooth, dan NFC, teman-teman bisa menggunakan bantuan aplikasi Triger yang bisa diunduh gratis di PlayStore. Atau juga bisa ditest secara manual satu per satu.


8. Negoisasi Harga dan Minta Garansi


Sebelum teman-teman membeli smartphone second yang diminati sebaiknya cek dulu harga normalnya dipasaran, kadang penjual juga memberikan harga yang terlalu tinggi.

 

Terakhir, jangan ragu meminta kesanggupan si penjual untuk memberikan garansi personal, terlebih jika smartphone bekas yang sobat beli sudah berakhir masa garansinya. Setidaknya tiga hari untuk memastikan semuanya berjalan dengan normal.

 


Nah itulah 8 tips cerdas membeli smartphone bekas, semoga bermanfaat. Jika teman-teman punya tips lainnya, silahkan ditambahkan di kolom komentar ya :).

Yoga Purnama Putra Perdana

Blogger | Buruh Nulis dan Desain | Suka Mimik Air Putih (Susu) | Kenalan? Langsung Follow aja twitternya @YP_PP

No Comments

Post a Comment