Top
Dokumentasi kegiatan bukber welovehonda

Berbagi Kebahagiaan Dengan Anak Yatim Bersama WeLoveHonda

Buka puasa bersama tentu saja salah satu momen yang paling ditunggu dibulan Ramadan. Saya yakin sampean juga punya pendapat yang sama.

 

Minggu (24/06/16) saya berkesempatan menghadiri buka puasa bersama blogger detik, anak-anak yatim, serta komunitas WeLoveHonda, Gila Motor, dan Queen Riders.

 

Acara yang diinisiatori oleh PT AHM dan Detik.com ini tentu saja tidak hanya sekedar buka puasa bersama, tapi juga diisi dengan talkshow bersama Mbak Citra Ayu Lestari, Mas Alitt Susanto, serta perform music dari dek Rizma Aprilia.

 

Tepat pukul 16.30 acara dibuka oleh mbak Indri sambil menginformasikan adanya Photo Contest dengan motor Honda New Supra GTR 150 yang berhadiah total 4 juta rupiah.


Sambutan Perwakilan Dari PT AHM

Setelahnya dilanjutkan dengan sambutan dari PT. Astra Honda Motor yang diwakili oleh Sthepanie Rengkung.

 

“Selain kumpul bareng, karena ini bulan Ramadan, ada baiknya kita juga berbagi”, dalam sambutannya.

 

Acara semakin meriah, ketika mbak Citra Ayu Lestari naik panggung untuk mengisi sesi talkshow. Buat yang belum kenal, Mbak Citra ini adalah instruktur berkendara salah satu ojek online di Indonesia, selain itu ia juga merupakan anggota dari Rifat Drive Labs.

 

Citra Ayu Lestari - Rifat Drive Labs

 

Disini mbak Citra meminta pengendara motor supaya memiliki etika yang baik di jalan raya serta berempati dengan pengguna jalan lainnya.

 

Etika itu sendiri berkaitan dengan hak dan kewajiban. Kita harus bisa memberikan hak orang lain, jangan sebaliknya kita mengambil hak orang.

 

Pada dasarnya, kita harus bisa menempatkan diri kita sebagai orang lain. Misalnya, tidak berkendara di trotoar padahal kita tahu itu hak pejalan kaki, bagaimana rasanya kalau kita yang jalan kaki enak-enak trus tiba-tiba ada motor yang mengganggu perjalan kita. Nggak enak kan? Pengen marah kan?

 

Nah, di Indonesia pelanggaran yang paling banyak dilakukan adalah melawan arus, tidak membawa surat-surat berkendara, menaikkan dan menurukan penumpang disembarang tempat, serta tidak mengenakan helm saat berkendara.

 

Dari pelanggaran-pelanggaran yang ada tentu sangat beresiko. Di negara kita angka kecelakaan mencapai 80 jiwa perhari. Sementara kecelakaan waktu arus mudik turun menjadi 46 jiwa per hari.

 

Kenapa turun? hal tersebut dikarenakan adanya upaya yang dilakukan oleh stakeholder keselamatan jalan, adanya kerjasama dari Dinas Perhubungan, Kepolisian, tersedianya Posko Kesehatan serta adanya perbaikan jalan sebelum arus mudik berlangsung.

 

Sejatinya kita tidak bisa juga menyalahkan lingkungan maupun pemerintah. Yang harus kita lakukan adalah menjadi pengendara yang defensive lagi.

 

Buat yang mau mudik, fisik dan mental harus siap, kendaraan juga harus sehat. Kemudian diikuti dengan manajemen kendaraan yang baik.

 

Selain itu pengendara juga harus punya tiga pilar, yakni tau peraturan, punya skill berkendara serta punya attitude.

 

Free Defensive Riding Training

 

Sebelum mengakhiri presentasinya mbak Citra menginformasikan kepada komunitas motor yang hadir mengenai adanya Free Defensive Training. Caranya dengan melakukan reservasi terlebih dahulu di facebook RIVAT DRIVE LABS, like fanpage RIFAT DRIVE LABS kemudian upload foto kegiatan komunitas kalian dan tag ke facebook RIFAT DRIVE LABS, jangan lupa diberi hashtag #RivatDriveLabs.

 

Setelah mbak Citra selesai dengan materinya, Terlihat mas Alitt Susanto yang sudah nggak sabar lagi melanjutkan sesi talkshow berikutnya.

 

Untuk narasumber yang satu ini saya sudah tidak asing lagi, saya adalah salah satu penikmat bukunya skripshit, dan relationshit meski cuma minjem. Selain itu saya juga kerap menonton videonya di Youtube.

 

Alitt Susanto

 

Nah, mas Alitt disesi talkshownya membahas tentang hobinya touring. Mas Alitt bahkan sempat curhat kalau waktu kecil suka dengan sengaja menciumi asap knalpot vespa pak lurah.

 

Salah satu pengalaman touring mas Alitt yakni berkendara dari Jogja ke Jember dengan perjalanan kurang lebih 11 hingga 12 jam.

 

Pada umumnya touring dilakukan bersama teman klub/komunitas, namun berbeda dengan mas Allit, mas-mas yang bahasa indonesianya medok ini lebih suka touring sendirian. Katanya dengan kesendirian kita bisa lebih mandiri. *halah mas alesanmu wae, ngomong wae jomblo*

 

Ngomong-ngomong soal touring tak ketinggalan salah satu penulis kekinian tersebut juga berbagi tips aman touring diantaranya defensive riding, cek kesehatan motor hingga baut-bautnya harus dipastikan sudah dikencengin semua.

 

Selain touring mas Alitt ternyata juga hobi modifikasi motor. Salah satu modifikasi favoritnya adalah Honda Astrea Legenda yang dibeli dari tukang galon seharga dua juta rupiah kemudian diubahnya menjadi Honda Monkey.

 

Honda Astrea Legenda yang dibeli tersebut cuma diambil mesinnya saja, sementara kerangkanya, mas Alitt beli impor dari Jepang. Total biaya yang habiskan untuk modifikasi tersebut kurang lebih 30 juta yang artinya hemat 50-an juta jika dibandingkan membeli baru Honda Monkey yang harganya hingga 80 jutaan.

 

Soal style modifikasi, mas Alitt lebih suka sesuai dengan karakternya, sehingga orang lain lebih mudah mengenali, Oo ini motornya Alitt, demikian paparannya.

 

Tak ketinggalan pria kelahiran Sragen, tersebut juga menyarankan kita yang mau mudik agar mengecek kendaraanya terlebih dahulu, safety equipment, serta sebisa mungkin berhenti 3 jam sekali diperjalanan untuk mengembalikan konsentrasi berkendara.

 

Itulah beberapa hal yang saya tangkap dari talkshownya mas Alitt Sutanto.

 

Sesi talkshhow pun berakhir pukul 17.30 WIB. Nah sambil menunggu buka peserta WeLoveHonda Community Gathering dihibur dengan perform music dari dek Rizma Aprilia, Finalis Sunsilk Hijab Hunt 2016.

 

Ada 3 lagu yang dinyanyikannya yaitu, Alhamdulillah, Laskar Pelangi dan Mashup ………. *lupa* :v.

 

Rizma Aprilia Menghibur WeLoveHonda Community Gathering

 

Beberapa menit sebelum adzan maghrib giliran Ust. Agus Salim perwakilan dari Yayasan Yatim Istaqin memberikan kultum serta ucapan terima kasih karena sudah mengajak anak asuhnya kemudian menutupnya dengan doa berbuka puasa.

 

Ust. Agus Salim

 

Kami pun bergegas mencicipi menu buka puasa yang disediakan diantaranya ada es the manis, minuman segar, soto betawi, rujak, dan nasi dengan lauk sayur dan daging.

 

Setelah selesai buka dan sholat magrhib acara kembali dilanjutkan. Mbak Indri meminta perwakilan dari masing-masing komunitas yang hadir untuk bermain games. Games yang di mainkan berupa tanya jawab dan dimenangkan oleh Tim Blogger.

 

Games WeLoveHonda

 

Sesi selanjutnya adalah Santunan Anak Yatim, adik-adik dari Yayasan Istaqim diminta ke atas panggung. Satu per satu mereka diberi tas dan alat tulis sekolah oleh mbak Dina Virgianti selaku Digital Marketing & Communication Manager dari PT AHM.

 

Tak ketinggalan dari Komunitas WeLoveHonda pun memberikan santunan berupa uang tunai.

 

Santunan Anak Yatim

 

Acara pun tiba-tiba menjadi tegang, Yap, mbak Indri sudah bersiap-siap akan mengumumkan pemenang photo contest yang diadakan.

 

Dan…. akhirnya yang menang adalah …….

 

Yoga Purnama Putra WeLoveHonda

 

Bukan saya … :(

 

Juara pertama yang mendapatkan smartphone adalah Kang Dudi, sementara Ono Semblang dan Fauzi Nurhazan berhasil membawa helm, serta mbak Elisa dan mas Ozi mebawa pulang voucher belanja.

 

Pemenang Photo Contest WeLoveHonda

 

Btw. Ini yang menang kog teman-teman blogger semua ya? Hhha.. selamat brother en sist.

 

WeLoveHonda Community Gathering pun ditutup dengan foto bersama dan peserta yang akan pulang dipersilahkan mengambil goodybag terlebih dahulu.

 

Dokumentasi kegiatan bukber welovehonda

 

GoodyBag

 

Terima kasih Detik.com dan PT. AHM sudah mengundang saya di acara ini. Sampai jumpa di acara selanjutnya.

 

Yoga Purnama Putra Perdana

Blogger | Buruh Nulis dan Desain | Suka Mimik Air Putih (Susu) | Kenalan? Langsung Follow aja twitternya @YP_PP

8 Comments
  • @kakdidik13

    Honda emang selalu terdepan, sukses untuk kegiatannya. Semangat-semangat dan salam hangat dari Bojonegoro :)

    Jun 29, 2016 at 10:26 pm Reply
    • Yoga Purnama

      Iya mas,, honda emang lebih mantap..

      salam hangat dr Jakarta mas didik 🙌

      Jun 29, 2016 at 11:15 pm Reply
  • tutyqueen

    seru ya acaranya, bisa berbagi plus dapat tips pula dari narasumber yang hadir :)

    Jun 30, 2016 at 12:42 am Reply
    • Yoga Purnama

      iya mbk rame.. semoga ada acara lagi kayak gini taun depan…

      Jun 30, 2016 at 4:09 am Reply
  • Ety Abdoel

    Wah ini bukan bukber biasa. Selain berbagi kebahagian dengan anak yatim, juga berbagi pengetahuan cara berkendara yang baik dan amam.

    Jul 1, 2016 at 4:48 am Reply
    • Yoga Purnama

      Iya mbak.. ikut seneng juga bisa menyaksikannya 😀

      Jul 2, 2016 at 12:35 pm Reply
  • Jasa Pengobatan Hipnoterapi

    Nah , yag begitu baru Laki

    Jul 20, 2016 at 1:14 pm Reply
  • Dee - @HEYDEERAHMA

    Lengkap ya isi acaranya, dapet ilmu iya, dapet hiburan iya, plus berbagi dg sesama iya juga~

    Jul 27, 2016 at 11:52 am Reply

Post a Comment