Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada PT AIA Financial dan Valuklik.com karena sudah mengajak saya dan blogger Jakarta ngabuburit serta buka bersama di Coffee Institute, Jakarta Selatan.

 

Sekali lagi terima kasih karena tidak hanya disuguhi hidangan yang lezat, di acara yang bertajuk Blogging and Beyond tersebut kita juga dijejali jurus-jurus ngeblog yang begitu renyah nan gurih.

 

Ada mb’ Shintaries Founder Blogger Perempuan yang menjelaskan bagaimana mengoptimalkan blog kita serta memberikan tips-tips membangun personal branding hingga menjadi seorang blogger professional.

 

Selain itu ada juga mas Alfred Lucky Chandra, SEO Manager Valuklik.com yang membeberkan pengetahuannya tentang SEO (Search Engine Optimitation).


Dan yang tak kalah menarik ada mas Frizt Ananda, marketing bussines partner PT AIA Financial yang menjelaskan betapa pentingnya asuransi untuk kehidupan kita.

 

Dari ketiga pemateri tersebut, semuanya memberikan materi yang sangat bermanfaat, tapi kalau boleh jujur saya lebih tertarik dengan materinya mb’ Shintaries. Sementara untuk materi SEO dari mas Alfred, Alhamdulillah saya sudah agak paham, karena pernah berkesempatan belajar di SEO Academy.

 

Lalu semenarik apa materi yang dipresentasikan mb’ Shinta? Monggo silahkan disimak materinya yang berhasil saya serap, supaya teman-teman yang nggak bisa ikut, juga bisa belajar.

 

Pertama, untuk menjadi seorang blogger tentu hal mutlak yang harus dimiliki adalah blog. Kita bebas menggunakan platform blogger maupun wordpress. Akan tetapi sangat disarankan menggunakan Top Level Domain, setelah berhasil mendaftarkan blog kita.

 

Pemilihan nama domain pun tidak boleh asal-asalan, karena “your domain is your brand”.

 

Jika memang ingin mempresentasikan diri kita dengan tulisan personal. Pilihan paling tepat ya menggunakan nama kita sebagai domain.

 

Setelah mendapatkan domain yang tepat, hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah menentukan desain blog. Baiknya theme yang dipilih memiliki layout yang simple dengan harapan pengunjung lebih mudah mengakses setiap informasi yang kita sajikan.

 

Kedua, dalam tahapan penyajian konten tentu kita harus menyuguhkan tulisan-tulisan yang maknyus. Konten yang kita tulis bisa berupa Chronogical, Thematic, Didactic dan Problem Solution.

 

Ketika menulis sebuah artikel baiknya kita sudah paham benar apa yang kita tulis. Biasanya pembaca lebih menyukai tulisan yang didasari oleh pengalaman atau memiliki story telling yang kuat. Dengan seperti itu maka secara tidak langsung pembaca ikut merasakan apa yang kita rasakan.

 

Atau kita juga bisa membranding blog kita berdasarkan precense atau keahlian. Hal ini cukup baik untuk menumbuhkan habit pembaca.

 

Misalnya, kita ahli dalam dunia medis. Ketika pembaca membutuhkan informasi tentang kesehatan, maka ia tau harus ke mana mencari informasi yang akurat, dalam hal ini berkunjung ke blog kita.

 

Agar tulisan kita lebih menarik dimata pembaca, kita bisa membumbuinya dengan foto-foto pendukung, graphic design/info grafis serta video.

 

Nah, setelah punya blog dengan konten yang gurih apa yang harus dilakukan selanjutnya?

 

Promosi!

 

Kesuksesan seorang blogger membangun blognya tentu tidak lepas dari promosi. Hal yang paling gampang untuk mempromosikan blog kita yaitu dengan membagikan artikel ke media sosial. Namun jangan sampai terlihat annoying dimata followers/teman kita.

 

Selain itu kita juga bisa blogwalking, atau melakukan optimasi terhadap mesin pencari untuk mendapatkan lebih banyak pembaca.

 

Untuk membangun personal branding kita sebagai blogger. Kita pun harus aktif di media sosial, untuk cuitan atau konten yang kita publish sebaiknya related dengan kegiatan kita sebagai seorang blogger (social media exposure).

 

Agar nama kita semakin dikenal, bangun hubungan pertemanan dengan lebih banyak orang, kita bisa mengikuti beberapa kegiatan seperti workshop, kopi darat (kopdar), maupun gabung dengan banyak komunitas.

 

Ketika sudah memiliki blog yang maknyus, diikuti dengan personal branding yang kuat bukan suatu hal yang mustahil apabila ada brand yang tertarik bekerja sama dengan kita.

 

Entah itu sponsored post, produk review, event publication, atau kita juga bisa memonetize blog kita dengan cara mengikuti program afiliasi.

 

Nah setidaknya itulah beberapa hal yang berhasil saya cerna dari presentasi mb’ Shintaries dan sedikit improvisasi dari saya. Jika ada yang kurang jelas, silahkan mampir ke blognya http://shintaries.com/

18 COMMENTS

  1. Tips nya bermanfaat banget nih. Dan memang untuk mengoptimisasi blog kita itu membutuhkan kerja keras dan jalan yang panjang. Konsisten dan semangat untuk terus bertumbuh harus jadi kuncinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here