Awalnya saya kurang suka dengan smartphone berlabel Oppo, akan tetapi lahirnya keluarga baru seri R7 ternyata sukses mengubah 180 derajat pandangan saya tentang gawai asal China ini.  Adalah Oppo R7s, smartphone Oppo yang berhasil menghipnotis saya.

 

Keseriusan sang produsen menggarap Oppo R7s layak untuk diacungi dua jempol. Jempol pertama untuk konsep desain yang diadopsi, satu jempol lagi untuk fitur-fitur unggulan yang tertanam di dalamnya.

 

Dari sekian fitur unggulan Oppo R7s, setidaknya ada 7 alasan mengapa ponsel cerdas ini layak untuk dimiliki di 2016 ini, diantaranya;


1. Desain Seksi

premium metal body

Poin pertama, ada diaspek desain. Desain Oppo R7s keren abiis, pas untuk kawula muda nan bergaya. Ponsel Android ini dibalut dengan material metal aluminium foil yang berhasil menghadirkan kesan mewah/premium.

 

Kemudian di ujung-ujung bidang backcovernya yang melengkung memberikan feel natural alias tidak kaku ketika kita menggengamnya. Ketebalan yang hanya 7 mm saja, juga menjadi nilai plus buat Oppo R7s.

 

Intinya secara general maupun detail-detail kecil dari Oppo R7s ini dikulik sedemikian rupa untuk memaksimalkan user experience penggunanya.


2. Layar 2.5D Arc Edge

Layar Oppo R7s

Bergeser ke bagian penunjang visualnya, kita akan dimanjakan dengan layar Amoled seluas 5.5 inci (phablet). Resolusi yang dimilikinya sudah FULL HD dengan kerapatan 401 ppi.

 

Dibandingkan dengan layar IPS, panel Amoled punya kelebihan pada saturasi warna yang lebih “gonjreng”, sehingga penggunaan smartphone di bawah terik matahari masih terjaga kecerahannya. Selain itu layar ini juga lebih hemat energi.

 

Yang membuat Oppo R7s ini semakin istimewa, yaitu layarnya memiliki lengkungan disetiap sisinya atau yang disebut dengan 2.5D Arc Edge. Konsep desain ini memberikan pengalaman baru untuk eksekusi gesture tarik dari ujung layar ke tengah.

 

Soal ketahanan layar tidak perlu diragukan lagi. Layar Oppo R7s sudah dilindungi oleh antigores kelas wahid yakni Corning Gorilla Glass 3.


3. Jeroan yang bertaji

Fungsionalitas Smartphone tentu tak lepas dari usungan hardwarenya. Meskipun tidak dibekali prosesor paling baru alias masih Snapdragon 615 Octa Core 1.5 Ghz ternyata Oppo R7s mampu menghasilkan kinerja diatas rata-rata, ketimbang smartphone lain dengan prosesor yang sama.

 

Rahasianya ada pada tweaking ColorOS 2.1, sistem operasi racikan Oppo berbasis Android 5.1.1 Lollipop ini diklaim lebih bersahabat ketimbang UI kompetitor-kompetitornya.

 

Pada saat pertama kali booting sistem OPPO R7s hanya memakan kurang lebih 600 MB saja, namun seiring dengan penggunaan meningkat menjadi 1.3 GB. Meski demikian RAM yang tersisa masih sangat lega, yakni 2.7 GB dari 4 GB.

 

Tidak berhenti disitu saja, pada bagian media penyimpanan, Oppo R7s juga menyuguhkan kapasitas yang super longgar, yakni 32 GB. Jika kurang, pengguna dapat mengekspansinya dengan microSD hingga 128 GB.


4. Kamera Superior

kamera

Oppo R7s membawa kamera primer 13 MP dengan fitur Ultra HD, kameranya dapat menghasilkan gambar setara 50 MP.  Spesialnya lagi kamera belakangnya tersebut mampu mengunci fokus dengan cepat (0.1 detik) berkat teknologi PDAF dan Anti Shake Optimisation.

 

Layaknya kamera DSLR, OPPO R7s juga menyediakan mode expert dengan fitur manual focus, ISO dan white balance, yang menarik gawai tersebut juga dapat mengambil gambar dengan format RAW.

 

Beralih ke kamera depan, Oppo R7s menyuguhkan sensor kamera sekunder dengan besaran piksel 8 MP. Disediakan fitur screen flash untuk membantu menerangi wajah saat selfie di tempat yang minim pencahayaan.


5. VOOC Flash Charge

vooc

Fitur unggulan selanjutnya adalah fast charging, gawai dengan baterai 3070 mAh ini mampu mengisi daya 0% hingga 75% dalam kurun waktu 30 menit saja. Emayzing bukan?


6. 4G LTE

4g lte

Konektivitas Oppo R7s sudah mendukung 4G LTE seluruh operator di Indonesia seperti Telkomsel, Indosat, XL, bahkan di TDD 2300 GHz-nya Smartfren dan Bolt.


7. Gesture Komplit serta Mendukung USB OTG

usb otg

And last but not least, Oppo R7s juga mendukung USB On The Go serta motion dan gesture untuk memudahkan penggunaan smartphone baik saat layarnya menyala maupun mati.

 

Misalnya menulis huruf V untuk menyalakan flash, menyapu layar dengan 3 jari untuk mengambil screenshoot layar, double tap to wake, menyentuh tombol home dua kali untuk mengunci smartphone dan masih banyak lagi.


Kesimpulan

 

Dengan harga 5 juta pas, Oppo R7s punya penampilan yang mewah, feel, built quality, bahkan user experience yang sekelas dengan smartphone flagship saat ini.

 

Walau pada akhirnya saya harus setuju meski spesifikasi Oppo R7s ini belum yang tercanggih tapi pengalaman penggunaannya diatas rata-rata smartphone berotak Snapdragon 615, berkat racikan hardware dan software yang punya sinergi yang “klop”. So, Oppo R7s adalah gawai paling pas untuk dimiliki di 2016 ini.

 

sumber gambar: youtube channel sobatHAPE

5 COMMENTS

  1. saya juga dulu gak tertarik dengan smartphone lokal yang cashingnya ringkih, fiturnya biasa aja. tapi sekarang posel-ponsel lokal bisa bersaing dengan merek branded. keren pokoknya.

    • yap, mas,, sependapat dengan saya.. sekarang smartphone lokal seperti OPPO kualitasnya bisa di adu, dengan smarphone branded yang harganya selangit, 😀

  2. dulu ponsel merek lokal gak diperhitungkan, hanya menjadi pilihan kedua pengguna ponsel. sekarang merek2 loka bisa bersaing dengan merek brended. keren pokoknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here