Membeli laptop bisa dibilang gampang-gampang susah, apalagi kalau punya budget yang terbatas. Aspek kebutuhan tentu menjadi hal utama yang harus diperhitungan.

 

Dirange harga 6 jutaan saya tertarik kepada Asus A455L, laptop ini sudah mengadopsi prosesor dan fitur yang lumayan menarik di kelasnya. Tak hanya jeroannya yang gahar, dari aspek desain-pun Asus A455L cukup apik. Dan yang paling penting perangkat tersebut sudah cukup untuk menemani aktivitas saya sehari-hari.

 

Diartikel ini perkenaan saya untuk memberikan sedikit review Asus A455L setelah memakai selama kurang lebih satu bulan.

 

Asus A455L

 

Dimulai dari desainnya, logo asus nempel di bagian tengah backcover, yang membuat backcovernya beda dari laptop kebanyakan, case belakangnya tersebut dihiasi guratan-guratan melingkar dan pada saat terkena cahaya muncul efek kilauan.

 

Sementara di penampang depan terdapat layar 14 inci yang dikelilingi bahan plastik bertekstur karbon. Diatas layar terdapat webcam berkualitas VGA, dibagian bawah layar terdapat logo Asus berwarna putih mengkilat.

 

Asus A455L

 

Diarea keyboard Asus membalut perangkatnya dengan material plastik dengan efek brush metal. Kendati hanya terbuat plastik, Asus A455L tidak terkesan ringkih. Bodinya cukup solid.

 

Pengalaman mengetik di laptop ini sangat menyenangkan. Desain keyboardnya sangat ergonomis, space 1.6 mm antar key-nya mampu menghasilkan akurasi yang sangat tinggi saat mengetik dengan sepuluh jari. Untuk untuk tuts keyboardnya sendiri saat ditekan sangat empuk dan responsif.

 

Satu lagi fitur Asus A455L yang saya suka adalah Ice Cool, teknologi tersebut menjaga suhu laptop tetap dingin, so nyaman aja saat tangan harus berlama-lama diatas keyboard.

 

Asus A455L

 

Bergeser sedikit ke samping kanan sang produsen menempatkan dua port usb 2.0, slot SD Card serta DVD R/W. Menilik bagian kiri terdapat sebuah port usb 3.0 ditemani VGA port, HDMI, Ethernet Connection, lubang power dan combo jack audio 3.0.

 

Dari aspek desain saya cukup puas meskipun Asus A455L punya bodi yang tidak bisa dibilang tipis dengan dimensi 34.8 x 24.28 x 2.56 cm dan bobot 2.1 Kg.

 

Soal peforma saya juga tidak banyak komplain, Asus A455L cukup bisa diandalkan untuk mengakomodir kebutuhan saya sehari-hari. Prosesor Intel Core I3-5005U yang dipadukan dengan 4GB RAM DDR3L 4G mampu menjalankan software desain grafis (Corel Draw X7, Adobe Photoshop CC 2016) dengan sangat lancar.

 

Asus A455L

 

Barangkali ada yang menanyakan kemampuan gamingnya, untuk kasus ini saya tidak bisa berkomentar. Saya bukan gamer, saya cenderung menggunakan laptop untuk produktivitas seperti coding,Β  desain grafis, dan browsing serta aktivitas yang berkaitan dengan dokumen.

 

Namun ada teman yang bilang kalau Asus A455L lumayan bertenaga buat main game. Game seperti DOT A 2,Β  Call Of Duty 4, PES 2017 sudah bisa dinikmati sebagai hiburan akhir pekan.


Baca Juga :Β INTEL GENPRO, 2 IN 1 PC TERBAIK UNTUK PELAJAR


Di sektor media penyimpanan, Asus A455L menyuguhkan HDD 500 GB 5400R SATA. Sangat lega untuk menampung koleksi film, foto, dokumen, file-file lainnya maupun menginstall banyak aplikasi.

 

Sedangkan untuk kekuatan baterainya mampu bertahan kurang lebih 4 jam untuk keperluan editing dokumen, namun saat digunakan untuk menjalankan aplikasi desain grafis sambil browsing baterai 2 cell 2950 mAh hanya bertahan 3 jam saja.

 

Seperti jajaran laptop Asus lainnya, Asus A455L juga dilengkapi dengan teknologi SonicMaster lengkap dengan Audio Wizard. Hanya saja embel-embel teknologi tersebut belum bisa saya rasakan kelebihannya setelah diadu dengan audio laptop saya sebelumnya yaitu Acer E1-431.

 

Asus A455L

 

Bealih ke penunjang visual, Asus A455L mengadopsi ukuran layar 14 inci dengan resolusi 1366 x 768 pixels. Warna yang dihasilkan cukup akurat namun tidak bisa dibilang istimewa karena saat dilihat dari angle yang ekstrim tampilan yang ada di layar mulai menunjukkan refleksi bayangan benda yang ada didepannya.

 

Fitur lain yang nggak penting-penting amat tapi menurut saya ini juga mampu memberikan pengalaman komputing yang oke adalah Instant-On. Dengan fitur tersebut kita bisa menghidupkan laptop dari keadaan sleep on dengan cepat, kurang lebih 2 detik saja. Untuk kemudahan pengiriman file antar device Asus A455L juga sudah mendukung konektivitas Bluetooth 4.0.

 

Saya mendapatkan Laptop ini versi DOS atau tanpa Operating System yang artinya harus install windowsnya sendiri.

 

Conclusion, Di range harga 6 jutaan, Asus A455L adalah salah satu laptop terbaik sebagai penunjang produktivitas. Laptop tersebut punya keyboard yang sangat nyaman cocok buat yang kerap menyunting dokumen, mengetik skripsi maupun ngoding. Namun disela-sela aktivitas tersebut kita masih bisa bermain game yang ringan.

 

Bagaimana, apa temen-temen juga tertarik untuk membelinya?

20 COMMENTS

  1. Kayaknya laptopnya cocok juga tuh untuk ngedit video hehe, apalagi sekarang software editing video mengharuskan usernya gunain system operasi 64Bit, biar wuuusss hehe asus memang terkenal speknya yang sangat yaa mas πŸ˜€

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here